Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Senin

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri dan Mandiri Melalui Kegiatan Rumah

Salam cerdas kreatif,

Tanpa kita sadari mengajak anak-anak terlibat dengan pekerjaan rumah ternyata bukan hanya berguna agar anak-anak mampu melakukannya, tetapi bisa menciptakan kemandirian dan rasa percaya diri pada anak-anak. Jangan heran kalau mereka dengan riang bilang, "AKU BISA!".

Untuk itu kenapa tidak kita mulai saja dari sekarang ?

1. Menyapu.
Kegiatan ini akan menumbuhkan nilai kebersihan pada diri anak. Manfaat lainnya, kita akan terbantu oleh anak dan rumah akan semakin bersih.

2. Mengepel.
Secara prinsip sama dengan kegiatan menyapu dan manfaat lebihnya anak akan menemukan suatu ilmu baru, bahwa cara mengepel yang benar adalah melakukan dengan mundur, bukan ke depan. Cara ini belum tentu semua anak tahu, bila tidak diajarkan.


3. Potong Sayuran.
Anak akan menambah ilmu dari perbendaharaan kosa segala macam jenis sayuran, selain mengetahui cara memotong dengan pisau.

4. Pakai baju dan celana sendiri.
Anak akan belajar lebih mandiri. Manfaat lain : kerepotan orangtua berkurang.

5. Merapikan mainan yang berserakan.
Anak akan lebih menghargai dan akan memupuk kedisiplinan bagi anak.

6. Menyimpan piring atau gelas kotor di dapur setelah dipakai.
Anak akan lebih belajar hati-hati terhadap barang/sesuatu terutama barang pecah belah.

7. Dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dapat menstimulasi anak kita.

Untuk lebih menyemangati anak, jika suatu saat anak mogok melakukannya, kita bias membuat strategi berlomba, misalnya siapa yang cepat menyapu/mengepel dengan bersih … dialah juaranya dan akan mendapat pujian bahkan bonus atau penghargaan.

Mudah dan asyiik bukan, semoga bermanfaat … salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :