Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Sabtu

Menstimulasi Bahasa Bayi Si Buah Hati

Salam cerdas kreatif,

Buah hati kita saat bayi akan mengalami perkembangan bahasa dan kemampuan bicara dari hari ke hari, namun tentunya tiap bayi/anak tidak sama persis pencapaiannya, ada yang cepat berbicara ada pula yang membutuhkan waktu agak lama. Untuk membantu perkembangannya ibu dapat membantu memberikan stimulasi yang disesuaikan dengan keunikan masing-masing bayi/anak.

Berikut hal-hal yang dapat menstimulasi anak, tentunya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan antara orangtua dan anak :

Usia : 0-2 bulan,
Sesering mungkin mengajak bayi/anak berkomunikasi pada segala suasana, baik pada saat menidurkan, menyusui, memakaikan baju. Berbicaralah dengan intonasi yang lembut, dan jangan mengabaikan tangisannya, karena itulah cara mereka berkomunikasi untuk yang pertama kalinya.

Usia : 2-6 bulan,
Sesering mungkin mengajak bayi/anak, berbicara dengan menggunakan intonasi yang berbeda-beda, dan juga ekspresi wajah yang menyenangkan. Ajaklah bayi/anak menyanyikan lagu-lagu yang berirama riang dan lakukanlah berulang-ulang, dan jangan lupa untuk mengajak mereka bercanda.

Usia : 6-12 bulan,
Saat berbicara gunakan kata-kata yang sederhana dengan intonasi dan pengucapan yang jelas, karena kelak bayi/anak akan menirukannya. Berbicaralah sambil diikuti gerakan, agar mereka lebih mudah memahami arti kata dan korelasinya. Kenalkan pula mereka dengan berbagai macam suara, suara binatang, pesawat, mobil, dan lain sebagainya.

Usia : 12-18 bulan,
berikanlah pilihan kepada bayi/anak, tawarkan warna baju yang ingin dipakai, pilihan makanan yang diinginkan. Ajaklah mereka membaca, bacakan buku cerita sederhana yang mempunyai banyak gambar dan warna-warna yang cerah, sambil mengajak mereka bermain sebagai tokohnya.


Semoga bermanfaat … salam.
(dunstanbaby & infoanak)

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :