Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Rabu

Perkembangan Otak Pada Bayi

Perkembangan fisik otak yang sangat pesat terjadi pada saat bayi lahir hingga usia 18 bulan. Jika sewaktu lahir otak anak sudah sebesar 25 persen dari otak orang dewasa (sekitar 350 gram), pada usia 18 bulan otak anak berkembang dua kali lipatnya. Otak anak terus berkembang dan pada umur enam tahun sudah mencapai 90 persen dari berat otak orang dewasa. Otak anak akan mencapai perkembangan 100 persen pada umur 18 tahun (sekitar 1,4 kilogram).

Pada saat kelahiran, otak bayi mengandung 100 miliar sel aktif. Ahli neurobiologi dari Universitas California Berkeley, Carla Shatz, seperti dikutip majalah Time (Februari 1997) menyebutkan, terdapat pula satu triliun sel glia (perekat) yang membentuk semacam sarang untuk melindungi dan memberi makan sel aktif itu. Bahkan, menurut ahli otak dan psikologi dari Inggris, Tony Buzan, masing-masing sel aktif itu mampu membuat 20.000 sambungan yang berbeda dengan sel-sel lain.


Mengingat kemampuan otak pada anak luar biasa maka sebagai orangtua, kita harus mampu memberi rangsangan maksimal pada otak, terutama hingga usia 18 bulan. Jika tidak dirangsang, otak anak bisa menderita. Para peneliti dari Baylor College of Medicine pernah menemukan, otak anak akan mengecil 20-30 persen dari ukuran normal jika dia jarang diajak bermain atau disentuh.

PADA usia 0 – 5 tahun, bayi memiliki kemampuan otak luar biasa, termasuk dalam belajar membaca. Sayang, orangtua banyak yang tidak memanfaatkan tahun-tahun penting itu.

“Bagaimana Mengajar Bayi/Balita Anda sambil Bermain”

* Pada usia 11 bulan ,anak bisa membaca 87 kata.
* Pada usia 3 tahun sudah membaca buku.
* Pada usia 5 tahun, sudah membaca buku Lima Sekawan.
* Pada usia 18 bulan, sudah membaca judul-judul koran.

Tahukah kita saat usia bayi 11 bulan, ternyata semua kata yang pernah dibacakan sejak ia usia 3 bulan, berhasil.

Dengan mengutip hasil penelitian sejumlah ahli di luar dan dalam negeri, hal perkembangan anak, yaitu :

* Sejak lahir hingga usia 4 tahun perkembangan intelektual anak mencapai 50%.
* Pada usia 2 tahun pola intelektual dan emosional anak mulai terbentuk.
* Pada usia 4 – 8 tahun perkembangan intelektual anak berkembang 30%.
* Pada usia 8 – 18 tahun hanya 20%.

Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat pentingnya mengisi otak anak dengan memberikan pendidikan sejak dini.

Untuk pendidikan anak 5 tahun pertama tanggung jawab orangtua. Pemerintah tak usah mengambil alih tanggung jawab itu. Namun bukan berarti, pemerintah lepas tangan. Peran yang diambil a.l. melahirkan penyuluh tentang pentingnya pendidikan balita.

Semoga bermanfaat .... salam cerdas kreatif!

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :